MADAH 439-443


M 439
Kalau para pemimpin Islam, ulama-ulamanya, mubalighnya, guru-guru dan ustaz-ustaznya dapat memberi contoh yang baik dengan sikap mereka, bukan hanya berkata. Sudah tentu umat atau rakyat akan menjadi baik. Kalau adapun yang cacat atau kekurangan hanya sedikit saja. Di sinilah pentingnya model dari orang-orang yang berpengaruh.

M 440
Kalau obat dimakan, tetapi racun atau yang merusakkan tubuh dimakan juga. Maka yang berpengaruh bukan obat tetapi racun. Begitu juga kalau sebab-sebab yang membawa kebaikan diwujudkan, tetapi sebab-sebab yang merusakkan akhlak dibiarkan juga. Maka sebab-sebab yang membawa kerusakan akhlak itu akan lebih berpengaruh daripada sebab-sebab yang membawa kebaikan.

M 441
Memerangi gejala sosial biarlah karena Allah swt. Karena ia perkara yang salah. Janganlah memeranginya karena ia sudah mencucuk mata sendiri dan pada diri sudah menjadi masalah. Kita tidak akan mendapat bantuan Allah swt.

M 442
Kalau seseorang itu dengan ibu dan bapaknya serta guru-gurunya tidak dapat menghormati. Maka jangan harap dia dapat menghormati orang lain. Kalau terjadi juga, jangan percaya. Karena dia hanya berpura-pura. Mungkin ada keuntungan dunia atau karena takut kejahatannya.

M 443
Sebenarnya hukuman Allah swt kepada manusia diatas kesalahannya setiap hari terjadi. Cuma berat atau ringan dan bentuknya tidak sama di antara satu sama lain. Namun manusia tidak mau juga menjadikan pengajaran. Karena itu layaklah manusia ini dihukum sekali lagi di Akherat nanti.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah