MADAH 3



M 41
Diantara ujian Allah swt kepada manusia adalah setiap kejadian Allah swt tentukan dengan bersebab. Padahal Allah swt dapat melakukan tanpa sebab. Supaya ini menjadi ujian kepada manusia, apakah manusia mentuhankan Allah swt atau mentuhankan sebab.

M 42
Diantara kebudayaan yang salah yang sering dilakukan oleh umat Islam, tetapi sudah tidak terasa lagi ianya satu kesalahan ialah manusia selalu mengucapkan, “Saya ikhlas ini.” Ikhlas tidak boleh diucapkan. Ia adalah amalan hati. Malaikat juga tidak tahu karena ia rahasia Allah swt. Hanya Allah swt saja yang tahu. Karena ikhlas itu tidak boleh diakui.

M 43
Orang yang frust (sakit jiwa) atau kecewa atau putus asa, biasanya pergantungannya dengan Allah swt terlalu lemah atau tidak ada langsung. Disinilah pentingnya peranan Iman didalam kehidupan.

M 44
Kalau kita orang yang mewah, janganlah kita berbangga. Allah swt dapat mengambilnya sekelip mata. Kalau kita orang yang susah janganlah bersedih. Allah swt akan meringankan beban kita. Allah swt dapat memberinya kapan saja.

M 45
Allah swt menyuruh kita berusaha maka berusahalah. Keberhasilannya adalah kerja Allah swt, bukan kerja kita. Kalau kita campur tangan pekerjaan Allah swt maka kita akan kecewa. Yang parahnya kita akan putus asa.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah