MADAH TASAUF


M 18
Orang yang dengki dengan seseorang tanda dia yang sakit jiwa. Sehingga hilang bahagia, karena marah dan geram dengan orang itu. Sedangkan orang yang kena hasad itu, dia tenang saja. Kalau orang yang kena hasad itu mendapat keberhasilan, berlipat gandalah sakit jiwanya. Biasanya orang yang hasad ini karena hatinya sakit. Dia akan membebel jika berjumpa orang. Akhirnya orang pun benci dengannya.   

M 19
Orang yang ada kekuatan atau kuasa, jika benci kepada seseorang. Maka dia akan menguasai fisikal orang itu. Tetapi dia tidak dapat menguasai hatinya. Orang yang berkuasa itu sebenarnya lahiriahnya saja menang, tetapi batiniahnya kalah.

M 20
Layang-layang itu kalau terputus dari tali pemegangnya atau diputuskan oleh yang memegang tali. Maka semakin besar layang-layang itu akan semakin tinggi dia naik. Tetapi jatuhnya akan semakin parah. Begitulah manusia. Jika semakin besar dan semakin tinggi kedudukannya, kemudian dia memutuskan dirinya dari Allah swt. Atau Allah swt memutuskan hubungan dengannya. Maka kejatuhan dan kehinaannya akan lebih parah lagi. Karena itu Allah swt adalah satu keperluan.

M 21
Apabila satu sama lain tidak ada kemesraan, mudah saja saling mencurigai dan mudah salah paham. Maka akan mudah timbul pertengkaran.

M 22
Dua orang atau lebih yang membuat satu dosa yang sama nilainya. Tetapi setiap orang itu merasa berdosanya tidak sama. Pasti ada yang lebih dan ada yang kurang. Ini menurut ketaqkwaan masing-masing  menurut tingkatan Iman masing-masing.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah