MADAH TASAUF


M 104
Pandanglah atau renunglah ke belakang untuk menilai segala yang sudah. Merenunglah ke hadapan untuk memikirkan apalagi yang akan dibuat. Sesudah itu dibuat pengkajian lagi agar yang tidak kena dapat diubah.

M 105
Gejala-gejala negatif yang diimport dari Barat bukan saja budaya lepak, punk, disko, pergaulan bebas, homoseksual, lesbian, arak atau judi. Tetapi lebih dari itu yaitu ego, mementingkan diri, hidup nafsi-nafsi, materialism dan sekularisma.

M 106
Kalau seseorang itu berdisiplin karena undang-undang atau etika kerja. Atau etika didalam bergaul atau malu dengan orang. Maka ia akan bersifat pura-pura dan tidak akan kekal. Disiplin yang berkesan itu ialah yang datang dari kesadaran jiwanya. Dorongan dari lubuk hatinya. Karena itulah disiplin kehidupan haruslah bertunjangkan Iman (aqidah).

M 107
Satu perkara itu kalau dibuat secara resmi-resmian atau sangat diprogramkan atau upacarakan. Maka susah untuk ikhlas. Yaitu susah untuk terhindar dari rasa riyak, megah, ujub, nama, glamour dan tujuan-tujuan dunia.

M 108
Janganlah mabuk dengan kesuksesan. Janganlah mabuk dengan sanjungan dan pujian. Janganlah mabuk dengan nama dan bintang kehormatan. Ingatlah apakah Allah swt akan menyanjung? Apakah Allah swt akan memuji? Padahal kita akan meninggal dunia. Apakah segala kemegahan kita di dunia ini dapat menyelamatkan kita dari api Neraka yang sangat mengerikan?

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah