MADAH TASAUF


M 03
Lupakan saja kebaikan kita karena belum tentu Allah swt terima. Ingatlah dosa kita karena dia akan membawa kita ke Neraka.

M 04
Janganlah secara lahir kita nampak cantik dan bersih, tetapi didalam diri kita penuh dengan najis dan bangkai-bangkai mazmumah. Seperti tanah perkuburan. Diatasnya cantik dengan bangunan dan dihias dengan bunga-bunga tanaman. Setengah orang dipasang lampu untuk memperindah lagi. Tetapi didalamnya bangkai-bangkai yang busuk.

M 05
Lebih baik bangkai daripada bangkai bernyawa. Bangkai dapat dibuang saja karena tidak berguna. Bangkai bernyawa akan dibuang ada nyawanya, salah juga. Tetapi akan dimanfaatkan tidak berguna. Sehingga terpaksa dikawal, dijaga, diberi makan, habis waktu dan harta terkorban. Hanya membebani orang yang hidup saja.

M 06
Bersabarlah agar kita mendapat pahala tanpa hisab. Redhalah dengan ketentuan Allah swt. Selain mendapat pahala, hati akan tenang. Bertawakallah kepada Allah swt. Selain mendapat pahala agar kita tidak jahat sangka dengan Allah swt. Dengan nikmat bersyukurlah, agar Allah swt tambah lagi nikmat itu. Berpuas hatilah dengan apa yang ada, agar hati tidak susah dengan perkara yang tidak ada.

M 07
Wahai manusia! Janganlah kamu bangga dan sombong dengan buatan dan ciptaanmu. Kalau tidak ada bahan-bahan ciptaan dari Allah swt kamu tidak akan dapat membuat barang-barang itu.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah