MADAH TASAUF



M 69
Sanjungan tidak menjamin seseorang itu akan kekal dengan kekuasaannya. Penghinaan juga tidak menghalang naiknya seseorang untuk menggantikannya apabila Allah swt membelanya. Sejarah sudah membuktikan kebenaran ini. Ia tentu akan terjadi berulang-ulang kali.

M 70
Awasilah orang yang menyanjung-nyanjung kita. Karena takut kita akan terlena. Ambillah perhatian orang yang menghina kita. Mungkin kita akan mendapat pelajaran darinya. Tidak usahlah kita mempersoalkan mereka yang menghina.

M 71
Orang yang tidak dikenali, yang tidak ada nama kampilan, yang tidak ada glamour, yang tidak ternama, yang tidak kaya dan yang tidak ada kuasa janganlah susah hati. Allah swt menerima kita bukan karena perkara-perkara tersebut. Tetapi karena sifat takwa. Oleh karena itu bertakwalah.

M 72
Berusaha dan berdoalah. Berdoa dan berusahalah. Usaha itu syariat dan doa itu hakekat.

M 73
Adakalanya tanpa usaha mendapat sesuatu yang tidak terduga. Agar kita sadar bahwa Allah swt itu berkuasa dan kuasa-Nya tidak bersandar dengan usaha. Tetapi perlu diingat bahwa usaha harus dibuat sebagai syariat dan untuk mendapat pahala. Tidak berbuat dari mana datangnya pahala?

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah