MADAH SHOLAT 384-388


M 384
Jika didalam sholat hati tidak terhubung dengan Allah swt, sudah pasti diluar sholat lebih-lebih lagi susah.

M 385
Tujuan sholat adalah untuk melahirkan rasa kehambaan kepada Allah swt yang Maha Pencipta lagi Maha Berkuasa. Oleh karena itu didalam sholat harus hudhur, paham, takzim, hebat, raja’ dan haya’. Kalau rasa-rasa tersebut tidak ada didalam sholat maka bukan sholat namanya.

M 386
Selama sholat tidak khusyuk maka penyakit hati (mazmumah) seseorang itu tidak akan dapat ditumpaskan seperti sombong, pemarah, hasad, megah, tamak, dendam dan lain-lain. Dari sinilah lahirnya penyakit masyarakat. Artinya jika sholat tidak khusyuk maka mazmumah masih wujud. Jika mazmumah masih wujud maka penyakit masyarakat pasti wujud. Kalau begitu untuk menangani gejala-gejala masyarakat betulkan sholat lebih dahulu. Sholat adalah obat penyakit masyarakat. Beginilah metodologi cara untuk memperbaiki masyarakat menurut Islam.

M 387
Setelah satu hari manusia memerah pikiran dan menggunakan tenaga. Sehingga pikiran lelah, badan lesu dan jiwa lemah. Maka kuatkan dan suburkan kembali dengan sholat, membaca Al-Qur’an dan zikrullah. Agar kita tidak bosan dengan pekerjaan dan perjuangan.

M 388
Kalau ada satu kelompok manusia yang hidup miskin maka riuh rendah masyarakat memperkatakannya. Besar liputannya didalam surat khabar. Setelah itu akan diikuti oleh bantuan-bantuan. Tetapi kalau ada satu masyarakat umat Islam yang tidak sholat tidak ada seorang pun yang membisingkannya. Apalagi untuk dibuat berita didalam media massa. Begitulah umat Islam di akhir zaman. Mereka memandang kemiskinan itu lebih berbahaya daripada meninggalkan sholat.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah