MADAH 309-313



M 309
Orang yang berilmu kalau dia sadar bahwa dia berilmu. Artinya orang itu sudah membatasi ilmunya sebatas yang ada pada dirinya. Tidak ada lagi pada orang lain.

M 310
Kalau suami istri itu tidak dapat merasakan lagi kasih sayang seperti pada waktu dia bercinta dahulu. Hanya Iman saja atau keadaan yang ada seperti sudah mempunyai anak itu saja yang menghalang dia dari bercerai.

M 311
Bagi kita yang tidak pernah bercinta tentu tidak tahu. Tetapi pengalaman orang-orang yang selalu  kita dengar memberitahu kita bahwa kehidupan pada waktu bercinta lebih indah daripada kehidupan setelah menjadi suami isteri. Karena itulah selalu terjadi perceraian.

312
Satu perkara yang dibuat dari jiwa maka ia menggembirakan. Lebih-lebih lagi jika berhasil. Jika dibuat secara terpaksa maka ia menyeksakan. Jika gagal lebih lagi mengecewakan.

M 313
Orang yang jiwanya selalu tidak tenang ialah orang yang pemarah, pendendam, merasa tidak cukup, hasad dengki, memikirkan masa depan yang belum terjadi, tidak sabar, lupa tentang qadha dan qadar dari Allah swt dan tidak percaya dengan orang lain.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah