MADAH 354-358


M 354
Kalau kita mendapat pahala didalam pergaulan. Baiklah bergaul karena manfaatnya merata. Kalau tidak dapat baiklah banyak di rumah. Keluar pada waktu-waktu yang sangat perlu.

M 355
Bertemu selalu tidak pasti bersatu. Bermasyarakat tidak pasti muafakat. Berpisah tidak pasti berpecah. Karena bersatu itu adalah ikatan hati.

M 356
Biasanya kalau seseorang itu tidak takut Allah swt, selalunya terjadi didalam perbincangan suka menunjuk-nunjuk memberi pendapat. Tidak senang dengan kemampuan orang lain. Merasa bangga dengan kepandaiannya. Sedih dengan kelemahannya. Tidak senang kebenaran itu lahir dari mulut orang lain. Adakalanya memperleceh pendapat orang lain.

M 357
Didalam Islam disuruh menyembunyikan kebaikan. Jangan menyebut-nyebutnya. Apalagi minta untuk dibalas. Di akhir zaman ini kebaikan dijadikan publikasi. Kebaikan disebut-sebut dan minta dibalas budi. Ini tandanya membuat kebaikan untuk diri, bukan untuk Rabbul ‘izzati.

M 358
Wahai umat Islam, perlu diingat tidak ada disiplin yang lebih baik dan cantik daripada Islam. Janganlah mencari-cari disiplin lain selain Islam untuk mendisiplinkan umat Islam. Nanti umat Islam bukan saja tidak akan berdisiplin, tetapi akan menimbulkan lebih banyak gejala masyarakat yang tidak sehat.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah