MADAH SHOLAT 379-383


M 379
Di akhir zaman ini sholat di rumah lebih baik daripada sholat di mesjid dan surau. Karena di masjid dan surau tidak ada disiplin. Kalau kita coba melakukannya dapat menimbulkan sakit hati. Kalau begitu lebih baik di rumah sendiri karena kita dapat mendisiplinkan anak istri.

M 380
Pendidikan itu tapaknya sholat atau asasnya sholat. Ia diperintahkan dimulai didalam keluarga. Dari sinilah titik tolak disiplin didalam Islam. Kalau keseluruhan disiplin yang diwujudkan tidak dimulai dari disiplin sholat maka disiplin-disiplin yang lain tidak akan memberi pengaruh.

M 381
Ada orang sholat dapat juga khusyuk jika mujahadahnya kuat. Tetapi orang yang sudah mesra dengan Allah swt, rasa kehambaan dirinya mendalam. Sehingga khusyuk didalam sholat mudah saja tanpa mujahadah.

M 382
Apabila khusyuk didalam sholat melalui mujahadah, maka ia mudah bosan. Tetapi orang yang khusyuk didalam sholat karena sudah mesra dengan Allah swt, maka ia tidak akan bosan. Bahkan bertambah-tambah lezatnya. Adakalanya sampai melupakan dirinya.

M 383
Untuk menghilangkan bosan didalam sebarang bentuk ibadah, maka buatlah sedikit ibadah itu tetapi banyakkan jenisnya. Artinya berpindah-pindah antara satu ibadah kepada satu ibadah yang lainnya. Allah Taala tidak akan bosan memberi pahalanya.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah