MADAH 409-413


M 409
Bersihkanlah badan dari kotoran, najis, hadas dan dosa. Bersihkanlah akal dari ilmu yang tidak berguna dan ilmu yang salah faktanya. Dan bersihkanlah jiwa (hati) dari syirik dan mazmumah.

M 410
Semua orang haruslah terdidik, tetapi tidak pasti mendidik. Tetapi kalau ulama, para guru dan pemimpin serta ibu bapak tidak mendidik maka rusaklah masyarakat dan rakyat.

M 411
Ahli undang-undang bukan bertujuan untuk menghukum manusia. Atau mempertahankan diri dan manusia supaya tidak terhukum. Atau untuk menakut-nakuti manusia dengan hukuman. Tetapi untuk mendidik manusia agar manusia insaf dan mereka tidak melakukan kesalahan.

M 412
Belajar ilmu dunia dengan siapa pun tidak mengapa. Tetapi kalau akan belajar Islam haruslah memilih orang yang bertakwa. Agar ilmunya berkat dan mendapat didikan yang baik, supaya tidak tersesat.

M 413
Pemimpin ibarat kayu, bayangannya adalah rakyat. Kalau kita melihat bayangan kayu itu bengkok, menunjukkan kayu itu bengkok. Begitulah kalau sebuah negara itu rakyatnya banyak yang jahat, menunjukkan para pemimpin negara itu juga banyak yang jahat. Oleh karena itu untuk memperbaiki rakyat, haruslah para pemimpin memperbaiki dirinya lebih dahulu sebelum mengajak rakyatnya.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah