Madah



M 234
Rasa bertuhan kalau tidak wujud kepada seseorang maka tidak mungkin dia dapat menjadi orang yang baik. Seperti orang yang jujur, amanah, pemurah, tawadhuk, sabar, redha, pemaaf, suka meminta maaf, tawakal dan bertoleransi. Kalaupun dia nampaknya tidak jahat karena keadaan tidak memberi peluang kepadanya untuk membuat jahat. Bukan karena dia takutkan Allah swt.

M 235
Tersalah dan tersilap serta terlupa dan tersalah paham pada seorang pemimpin itu rakyat dapat memaafkannya. Sifat-sifat itu memang susah untuk dihindarkan. Tetapi kalau sudah disengaja dan memang dari kesadaran. Serta paham memang ada niat untuk melakukan kesalahan dan membuat salah dengan kepahaman karena ada keuntungannya. Maka rakyat tidak dapat memaafkan. Cuma rakyat tidak dapat berbuat apa-apa karena mereka tidak ada kuasa. Sehingga dia teruslah yang berkuasa.

M 236
Di akhir zaman ini, di zaman modern ini jarang sekali guru dikenang, pemimpin disenangi, ulama disayangi, orang kaya disanjung, fakir miskin diberi simpati, orang sakit diziarahi.

M 237
Diantara sikap orang lemah yang jiwa dan tidak bermoral adalah suka meminta-minta uang dan bantuan. Minta dihormati dan dibalas jasanya. Suka menyebut-nyebut jasanya. Kesal dengan orang yang melupakan jasanya. Kecewa dengan ujian atau kegagalan usaha-usahanya.

M 238
Siapa diantara hamba Allah swt, sekalipun golongan bawahan yang tidak dikenali. Mungkin tidak dipedulikan terlepas dari godaan setan dan belenggu hawa nafsu. Dia hanya terikat dengan Allah swt yang menciptakannya semata-mata. Inilah orang yang sebenarnya merdeka dan bebas. Inilah hamba Allah swt yang hakiki. Selain itu seseorang belum lagi dikatakan merdeka sekalipun dia seorang pembesar negara yang disanjung tinggi.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah