MADAH TASAUF



M 159
Kesenangan mata apabila melihat pemandangan yang indah. Kesenangan akal apabila dapat melihat rahasia keindahan itu. Kesenangan nafsu apabila dapat memilikinya. Kesenangan hati apabila melihat Penciptanya kemudian bertambah Imannya.

M 160
Berbagai macam cara Allah swt mengajak manusia kepada-Nya. Menyeru, merayu, berjanji, membujuk, mengugut, menawarkan, menyadarkan dan menginsafkan. Namun manusia telinganya tuli jadi tidak mendengar. Hatinya buta jadi tidak mengerti. Akalnya tertutup jadi tidak memikirkan. Matanya celik tetapi tidak perhatian.

M 161
Manusia bukan tidak tahu bahwa sesudah muda pasti tua. Tetapi dia lupa kalau tua akan datang pada waktu mudanya. Sehingga dia pun membuang-buang tenaga dan waktunya pada waktu mudanya. Seolah-olah merasakan masa muda selama-lamanya. Apabila tua datang, barulah dia menyesal dan ingin kembali kepada masa mudanya untuk menebus kembali yang disia-siakan. Tetapi angan-angan yang sia-sia itu tidak ada gunanya. Menyesal yang tidak berkesudahan.

M 162
Dosa walaupun kecil jangan diremehkan. Karena dosa tetap dosa. Dosa tetap dianggap durhaka. Dosa sekalipun kecil kalau Allah swt tidak ampunkan tetap masuk Neraka.

M 163
Ibadah biar sedikit tetapi terasa, berjiwa, puas dan memberi pengaruh kepada jiwa.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah