Madah 224-228


M 224
Pertengkaran dan pergeseran yang terjadi setiap hari didalam masyarakat manusia, lebih banyak disebabkan oleh kepentingan pribadi dan hasad dengki. Lebih daripada disebabkan karena berlainan ideologi, mazhab, atau kaum dan agama.

M 225
Ilmu psikologi didalam Islam yang sebenarnya ialah ilmu tasawuf. Karena ia benar-benar dapat menilai pikiran, nafsu dan jiwa atau hati manusia. Sehingga dengan itu mudah untuk memperbaiki manusia.

M 226
Kalau ada satu golongan umat Islam atau satu kaum diantara umat Islam, dimana kecemerlangan akhlak mereka semakin meningkat. Semakin lama semakin terserlah. Semakin lama semakin indah. Tanda kaum itu dalam jangka waktu yang panjang akan menguasai dunia. Sementara kalau umat Islam itu kemajuan dan pembangunannya bertambah pesat. Tetapi akhlaknya semakin menurun dan gejala masyarakat semakin bejat. Maka tandanya bangsa itu akan hancur atau rusak.

M 227
Hari ini kita hidup didalam keadaan serba salah. Akan menyendiri susah juga karena tidak ada orang yang tidak memerlukan orang lain. Akan bermasyarakat susah juga. Karena kalau kita tidak melalaikan mereka maka meraka yang melalaikan kita. Kalau kita tidak mengata orang maka kita mendengar orang lain mengata. Jadi kita juga sama-sama berdosa. Kalau kita beribadah lebih, dikatakan kita menunjuk-nunjuk. Kalau kita tidak menambah ibadah maka kita berlalai-lalai.

M 228
Kita hamba Allah swt ini haruslah selalu menyesal. Lebih-lebih lagi pada waktu bersalah. Mengeluhlah selalu karena nasib kita belum tahu. Merintihlah selalu terutama dengan dosa-dosa kita. Mengakulah lemah di hadapan Allah swt sekalipun kita serba ada. Menangislah selalu karena kita tidak dapat menghindar dari dosa. Semoga dengan cara ini Allah swt Merahmati kita.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah