MADAH 274-278



M 274
Kekayaan dan kesenangan kalau diberi dengan cara rahmat maka ia akan diberkati. Seandainya diberi dengan cara istidraj maka ia akan dilaknat. Dan akan terjadi nanti berbagai macam masalah yang menyusahkan.

M 275
Kita jangan terlalu bangga dengan jabatan tinggi, harta yang banyak atau kemajuan yang pesat. Karena kita tidak tahu apakah Allah swt menganugerahkan itu semua dengan rahmat-Nya atau dengan istidraj-Nya. Diberi dengan rahmat artinya diberi dengan kasih saying. Diberi dengan istidraj artinya diberi dengan penipuan dari Allah swt atau kemurkaan dari Allah swt.

M 276
Kejahatan-kejahatan yang lahir di tengah masyarakat atau kehidupan ini dimulai dari kejahatan hati. Oleh karena itu disamping memikirkan kejahatan lahiriah, jangan lupa juga memikirkan kejahatan batiniah.

M 277
Kejahatan lahiriah dapat ditumpaskan dengan peraturan, larangan dan hukuman. Kejahatan batiniah hendaklah ditumpaskan dengan didikan Iman.

M 278
Ketika kita berhadapan dengan nikmat hendaklah kita merasakan bahwa kita tidak pantas menerimanya. Tetapi Allah swt sudah mengaruniakannya. Ingatkan didalam hati bahwa ia datang dari Allah swt. Semoga kita bersyukur. Hendaklah kita merasa takut karena kita tidak tahu apakah ia diberi dengan rahmat atau istidraj.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah