MADAH TAUHID 1



M 11
Hidup di dunia ini seperti mimpi saja karena terlalu singkatnya. Jika dibandingkan dengan hidup di Akherat yang kekal abadi, yang waktunya tidak ada batasnya. Gambarkan kalau di Surga alangkah indahnya. Tetapi kalau di Neraka alangkah parahnya.

M 12
Orang yang tidak berpaut kepada Allah swt sekalipun dia seorang yang pandai, maka semakin tua akan semakin kosong jiwanya. Semakin ke hujung umurnya akan semakin merasa sepi. Semakin bertambah lagi umurnya akan sering termenung saja. Ada setengahnya ingin meninggal dunia segera karena bosan dengan kehidupannya atau dengan dunia.

M 13
Beramal dengan qadha dan qadar sangat susah. Banyak orang yang gagal. Banyak orang yang jatuh tersungkur didalam kancah durhaka karena qadha dan qadar. Sekalipun pandai menceramahkan tentang qadha dan qadar. Tetapi apabila menimpa dirinya, maka jiwanya benci dan gelisah setiap hari. Mengadu ke sana mengadu ke sini. Menuduh sana menuduh sini. Mengomel dan merintih kepada setiap orang yang dijumpai. Sehingga lupa orang membencinya. Setengahnya ada yang jatuh kufur tanpa disadari.

M 14
Dekatnya Allah swt itu kepada kita, Allah swt ada di mana-mana kita berada. Bahkan lebih dekat daripada urat marikh. Tetapi Allah swt tidak bertempat di mana-mana. Kalau Allah swt bertempat di mana-mana berarti kita sudah menyekutukan Allah swt.

M 15
Apabila ilmu ada di akal maka pandai berhujah dan berlogika tentang Allah swt. Apabila ilmu ada di lidah maka pandai berbicara tentang Allah swt. Apabila ilmu ada di hati maka dia takut dengan Allah swt.

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah