Al-MULK PENGHALANG SIKSA KUBUR ◾



Dengan membaca dan sekaligus memahami surat al-Mulk, mentadabburi, & mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan mewarisi cahaya iman di dalam hati, mendapat pahala yang besar, serta selamat dari adzab kubur...

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :
"Barangsiapa yg membaca Tabaarakalladzii biyadihil Mulk pada setiap malamnya, maka Allah akan menghalanginya dengannya dari adzab kubur..." (HR. An-Nasaa'i, hadits dari Ibnu Mas'ud, Shahiihut Targhiib no. 1475)

Abdullah bin Mas'ud رضي الله عنه berkata :
"Ada seseorang yang didatangi di kuburnya. lalu dihampirilah dari arah kedua kakinya, lalu kakinya pun brkata : "Tidak ada jalan bagimu (untuk menyiksanya) dari arahku, karena dia selalu saja membaca surah al-Mulk untukku". Kemudian didatangilah dia dari arah dadanya atau perutnya, maka dada atau perutnya pun berkata : "Tidak ada juga jalan bagimu dari arahku, karena dia itu selalu membaca surah al-Mulk untukku". Kemudian didatangilah dari arah kepalanya, maka kepalanya pun brkata : "Tidak ada jalan bagimu dari arahku, sungguh karena dia itu selalu membaca surah al-Mulk untukku. Maka dia adalah penghalang yang menghalanginya dari adzab kubur. Dia pun di dalam Taurat disebut juga dgn surat al-Mulk. Siapa saja yang membacanya di malam hari, maka berarti dia telah berbuat banyak serta dia telah berbuat baik" (HR. Al-Hakim III/322, lihat Shahihut Targhib wat Tarhib no. 1475)

Jabir bin 'Abdillah رضي الله عنه berkata :
"Bahwasanya Nabi ﷺ tidaklah tidur sampai beliau pun membaca Alif Laam Miim Tanziil (surah as-Sajdah) dan juga Tabaarakalladzii biyadihil Mulk (srh al-Mulk)" (HR. At-Tirmidzi no. 2892, Ahmad 23/26, al-Hakim II/446 dan ad-Daarimi II/455, lihat ash-Shahiihah II/585)

Bagi yang cepat ketika membacanya, maka mereka butuh waktu sekitar 5 menit, apabila agak lambat ketika membacanya mk mereka cuma butuh waktu 10 menit. Lalu apa yang menghalangimu untuk rutin membacanya ?

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah