Kisah 9 sahabat

Berdasarkan Kitab Tarikh Melayu yang ditulis pada tahun 1899 oleh Al-Imam Al-Habib Abdur Razzaq bin Musthafa Al-Husaini, dikatakan bahwa: 

_"Agama Islam masuk ke Negeri Sembilan Darul Khusus Malaysia sudah ada sejak zaman Rasulullah yaitu sekitar tahun 629 Masehi. Pada saat itu Rasulullah memerintahkan sembilan para sahabat untuk mendakwahkan Agama Islam di Timur Jazirah Arab,  yaitu di Tanah Melayu sekarang ini."_

Sembilan Sahabat Nabi Muhammad yang diperintahkan berdakwah ke Tanah Melayu adalah:
1. Asy-Sumaisi (Sahabat Nabi),  berdakwah ke Tanah Melayu, menemukan dan menamakan pertama kali daerah JELEBU. Sekitar tahun 629 Masehi. 

2. Ikrimah bin Abu Jahal (Sahabat Nabi), setelah masuk Islam,  turut berdakwah sampai ke Tanah Melayu dan menemukan dataran Johol,  sekitar tahun 632 Masehi. 

3. Anas bin Malik (Sahabat Nabi), melakukan ekspedisi dakwah ke tanah melayu,  dan menemukan serta menamakan daerah JOHOR DARUN NA'IM. Pada tahun 630 Masehi. 

4. Jabir bin Abdullah (Sahabat Nabi), berdakwah Islam di tanah Melayu, menemukan dan menamakan pertama kali KEDAH DARUL AMNI,  tahun 631 Masehi. 

5. Abdullah bin Umar bin Khattab (Sahabat Nabi), berdakwah ke Tanah Melayu, menemukan dan menamakan KELANTAN DARUN NA'IM. 

6. Abu Said Al-Khudri (Sahabat Nabi),  mendakwahkan Islam di Tanah Melayu,  menemukan dan menemakan TERANGGANU DARUL IMAN,  pada tahun 631 Masehi. 

7. Arqam bin Abi Arqam (Sahabat Nabi), melakukan dakwah Islam sampai ke Tanah Melayu,  menemukan dan menamakan PAHANG DARUL MAKMUR, pada tahun 630 Masehi. 

8. Abu Ya'la Syaddad bin Aus (Sahabat Nabi), berdakwah di Tanah Melayu, menemukan dan menamakan SELANGOR DARUL IHSAN. Pada tahun 630 Masehi. 

9. Imam Ali bin Abi Thalib,  melakukan dakwah Islam di Tanah Melayu, menemukan dan menamakan NEGERI PERLIS INDRA KAYANGAN,  selepas Beliau menemukan Tanah GARUT di Jawa Barat Indonesia. Pada tahun 630 Masehi. 

10. NEGERI SEMBILAN DARUL KHUSUS,  ditemukan tahun 633 karena sembilan sahabat Nabi bertemu di Negeri ini. Lalu mengembangkan dakwah,  dan akhirnya kembali ke Madinah. 

_(Referensi Kitab Tarikh Melayu,  Karya Al-Imam Abdur Razzaq bin Musthafa Al-Husaini, page 117, tahun 1899)_

9 orang sahabat Rasulullah saw yang diamanahkan ke tanah melayu oleh baginda Rasulullah saw.

 https://youtu.be/gNEYOLDW5qs

No comments:

Bumi Tuhan... Bersaksilah